Pelatihan daur ulang limbah sampah untuk kerajinan tangan yang bernilai ekonomis

Pelatihan daur ulang limbah sampah untuk kerajinan tangan yang bernilai ekonomis bagi kader PKK se kecamatan Kertek. Kertek, 24 april 2018

Sampah plastik memang lazimnya sudah tidak digunakan lagi, sampah juga didefinisikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan, yang dihasilkan dari suatu proses, meskipun merupakan material sisa, tidak berarti semua sampah harus langsung dibuang. Sampah memang tidak ramah lingkungan karena proses penguraiannya membutuhkan waktu ratusan tahun,jika kita terus memenuhi bumi kita dengan produk plastik ini tentu saja kita sedang berusaha merusak lingkungan kita, merusak ekosistem kita, merusak kesuburan tanah, menyebabkan pendangkalan sungai dan mengakibatkan terhambatnya aliran sungai. 
Selain itu banyak bahan plastik yang beracun, terutama ketika bersama isinya, khususnya makanan yang terpapar pada suhu yang cukup tinggi, bahkan ada plastik yang bersifat karsinogen atau zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker, zat-zat karsinogen ini menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologis.
Salah satu upaya PKK kecamatan Kertek bersama kader PKK Se kecamatan Kertek untuk mengatasi ini adalah dengan cara mendaur-ulang sampah plastik menjadi berbagai jenis hasil kerajinan tangan yang cantik dan mempunyai nilai ekonomi.

Ketua PKK Candimulyo Giyarti (Fb: Giyarti Giyarti) mengatakan, mendaur ulang sampah dan barang-barang bekas merupakan cara yang paling banyak dilakukan untuk memanfaatkan sampah anorganik. Dengan demikian, beban lingkungan dapat dikurangi. Bahkan, kerajinan dari sampah bisa memiliki nilai ekonomis dengan menjadikannya sebagai komoditas yang diperjual-belikan, kami telah memulainya dengan pelatihan yang kami dapat dan kami “sharing” kepada kader PKK desa Candimulyo, beraneka macam hasil kerajinan yang telah kami buat juga telah ada hasilnya seperti bros, tas, tempat pensil dan lain-lain, tentu kami terus belajar dengan metode tutor sebaya bersama PKK Kecamatan atau kader PKK desa lain untuk meningkatkan kualitas hasil dan saling belajar untuk pemasaran, kedepan kami juga berharap untuk pelatihan bersama memanfaatkan limbah plastik untuk aneka keterampilan yang lain seperti pot gantung yang menarik, bunga hias, hiasan lampu unik, kebun vertikal, dompet tahan air, wadah aksesoris perhiasan, gantungan kunci, gantungan bunga, tempat lilin, tempat koran harian, tempat rias dan masih banyak lagi


Total Dibaca

Contact Details

Telephone: 082230283580
Email:  desacandimulyowonosobo@gmail.com
Website: https://candimulyo-kertek.wonosobokab.go.id

Jalan Sindoro-Sumbing Km 03 Desa Candimulyo, Kecamatan Kertek-Kabupaten Wonosobo. Kode Pos 56371 (Dusun Madukoro, Dusun Candiroto, Dusun Kalikuto, Dusun Gondang)