Pemeriksaan IVA bagi Kader PKK dan masyarakat untuk Deteksi Dini Kanker Serviks


Pemeriksaan IVA bagi Kader PKK dan masyarakat untuk Deteksi Dini Kanker Serviks

Pemeriksaan IVA sangat dianjurkan bagi wanita yang berisiko terhadap kanker serviks, misalnya wanita dengan riwayat kanker serviks dalam keluarga (keturunan), memiliki lebih dari satu pasangan seksual, atau pernah mengalami infeksi menular seksual.

Pencegahan kanker serviks ini dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan serviks secara dini ( skrining ) karena gejala kanker serviks tidak terlihat sampai stadium yang lebih parah. Pemeriksaan dengan metode IVA merupakan pemeriksaan untuk mencegah kanker serviks, yang efisien dan efektif karena dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan seperti perawat, bidan dan dokter umum serta biaya lebih murah. Pentingnya melakukan upaya pencegahan kanker serviks untuk menurunkan angka kematian perempuan di Indonesia memerlukan dukungan dan kerja sama yang baik dari semua pihak.

Diharapka agar pemerintah dan institusi pendidikan dapat menyelenggarakan pelatihan pemeriksaan serviks dengan metode IVA pada lebih banyak tenaga kesehatan sehingga harapan keberhasilan dalam pencegahan kanker serviks dapat lebih baik.

@puskesmaskertek2, 20/11/2021


KOMENTAR

Daftar Komentar

Total Dibaca

Contact Details

Telephone: 081229919718
Email:  desacandimulyowonosobo@gmail.com
Website: https://candimulyo-kertek.wonosobokab.go.id

Jalan Sindoro - Sumbing Km 03 Desa Candimulyo, Kecamatan Kertek-Kabupaten Wonosobo. Kode Pos 56371 (Dusun Madukoro, Dusun Candiroto, Dusun Kalikuto, Dusun Gondang)